PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakusdan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistempengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikatdan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat yang paling membedakan mereka dari alat penghitung yang terdahulu ialah dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan diciptakan manusia pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turinguniversal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama kali muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeranuntuk lebih banyak detail periode ini.
Cara kerja komputer
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmetika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
MemoriSunting
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi datayang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
PemprosesanSunting
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input, output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmetika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmetika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmetika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasilSunting
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam datayang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decodedata ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
InstruksiSunting
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesinkomputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler(bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur Sunting
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program Sunting
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang ini, kebanyakan komputer dapat melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi Sunting
Sistem operasi adalah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada komputer.
PENGERTIAN HARDWARE
Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.
Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware .
Pengertian Hardware Menurut Para Ahli
Beberapa ahli di bidang komputer pernah menjelaskan tentang definisi hardware, diantaranya adalah:
1. Ali Zaki
Menurut Ali Zaki, pengertian hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.
2. Joko Untoro
Menurut Joko Untoro, pengertian hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.
3. Raya Fahreza
Menurut Raya Fahreza, pengertian hardware adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software.
4. Sunarto S. Kom
Menurut Sunarto, arti hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.
5. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto
Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, pengertian hardware adalah adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.
6. R. Wilman dan Riyan
Menurut R. Wilman dan Riyan, definisi hardware adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.
7. Rainer
Menurut Rainer, hardware adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data/ informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.
8. James O’Brien
Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.
Secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:
1. Menerima Input
Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.
2. Mengolah Data/ Informasi
Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.
3. Memberikan Output
Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.
4. Menyimpan Data/ Informasi
Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.
Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefini
Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya
Untuk melengkapi pengertian hardware di atas, berikut ini adalah tiga jenis hardware atau perangkat keras berdasarkan fungsinya:
1. Perangkat Masukan (Input Device)
Input device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informas ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.
Beberapa contoh input device antara lain:
Keyboard
Mouse
Microphone
Webcam
Dan lain-lain
2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)
Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.
Beberapa contoh process divice adalah:
CPU (Central Processing Unit)
VGA (Video Graphics Adapter)
RAM (Random Access Memory)
Power Supply
Dan lain-lain
3. Perangkat Keluaran (Output Device)
Output device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.
Misalnya informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware untuk ouput divice tersebut diantaranya:
Monitor komputer
Proyektor
Printer
Dan lain-lain
4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)
Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.
Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.
5. Perangkat Tambahan (Periferal)
Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.
Contoh Hardware Pada Komputer
Di bawah ini adalah beberapa contoh hardware pada komputer, antara lain:
1. Contoh Hardware Input Device
Kyboard; perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
Mouse; perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
Scanner; hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.
2. Contoh Hardware Process Device
CPU; ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
VGA; merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
RAM; Random Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.
3. Contoh Hardware Output Device
Monitor; mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
Printer; seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.
Proyektor LCD; proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.
4. Contoh Hardware Storage Device
Harddisk; berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.
Flashdisk; berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
Optical Disk; media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).
5. Contoh Hardware Periferal
Modem; ini adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.
Pengertian Software: Fungsi, Jenis, dan Contoh Perangkat Lunak
Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Pengertian Software Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti software, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:1. Wiwit Siswoutomo
Menurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer karena tanpa adanya perangkat lunak maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.
2. Roger S. Pressman
Menurut Roger S. Pressman (2002), pengertian software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.
3. Melwin Syafrizal Daulay
Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.
4. Imam Prayogo Pujiono
Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.
5. Wilman dan Riyan
Menurut Wilman dan Riyan, pengertian software adalah sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi user-nya.
Fungsi Software Secara Umum
Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi software adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
2. Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
3. Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
4. Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
5. Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer
Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya.
Klasifikasi Software
Adapun klasifikasi software adalah sebagai berikut:
1. Software Berdasarkan Jenisnya
· Operating System (sistem operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.
DIAGRAM BLOG SISTEM
KOMPUTER
PENGERTIAN
BLOG SISTEM KOMPUTER
Diagram
Blok komputer adalah diagram yang dibuat untuk
mempetakan proses kerja pada suatu komputer, hal ini bertujuan untuk memudahkan
seseorang dalam mengenal komponen-komponen dalam CPU dan memahami alur kerja di
dalamnya.
Komponen-komponen
yang terdapat dalam komputer sangatlah beragam, serta mempunyai fungsi yang
berbeda-beda, namun tetap dalam koridor yang sama.
1. Input Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data
atau perintah ke dalam komputer contohnya :
a.
Keyboard
• Fungsi :
Fungsi keyboard
digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, editor
teks atau program lainnya. Sebuah keyboard komputer membedakan setiap
tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua penekanan tombol pada software.
Keyboard juga digunakan untuk memainkan game komputer, baik dengan keyboard
biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan fitur-fitur game khusus, yang
dapat mempercepat kombinasi keystroke yang sering digunakan. Keyboard
juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer,
seperti ‘ kombinasi Windows Control-Alt-Delete, yang menampilkan jendela task
manager dan masih banyak lainya.
• Jenis-jenis
Keyboard :
Keyboard mengadopsi port PS / 2, menggunakan port USB. keyboard nirkabel.
b.
Mouse
• Fungsi :
Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada
layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan
pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.
• Macam – macam :
1) Mouse Mekanik yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola
karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor
mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor
pada layar sesuai arah tersebut
2) Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan
sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse
3) Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting
Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.
c.
Scanner
• Fungsi :
Scanner adalah suatu alat yang bekerja dengan memindahkan objek yang terdapat
diatas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas
lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya
isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam
komputer.
2.
Output Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
a.
Monitor
• Macam teknologi monitor
1) CRT (Cathode Rays Tube)
2) LCD (Liquid Crystal Display)
3) LED (Light Emitting Diode)
Pada intinya 3 jenis monitor ini mempunyai perbedaan pada bentuk fisik, pancaran cahaya, dan
kekuatan resolusi, serta daya listrik yang dibutuhkan.
b.
Printer
• Fungsi :
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media
kertas.
• Jenis-jenis printer
1) Printer Daisy Wheel
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah
piringan, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang
diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari
mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah
bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk
mencetak gambar ataupun grafik.
2) Printer Dot Matrix
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang
tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum
yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada
karbon dan kertas.
3) Printer Inkjet
Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya
diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar
yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama
sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer
sebelumnya.
4) Printer Laser jet
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai
oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding
dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan
mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi
conductor laser.
5) Printer Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan
output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter
pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara
prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar
landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari
segala kegiatan yang ada.
6) Printer Line
Printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata
dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi
tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya
dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.
7) Printer Digital
Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa
membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa
dihubungkan dengan sebuah PC.
c.
Speaker
Berfungsi untuk output suara.
3.
I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4.
CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua
bagian fungsi operasional yaitu :
a. Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data.
b. Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut
dengan nama processor saja.
Komponen-komponen
yang terdapat dalam CPU adalah :
1) Mainboard
• Pengertian Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat
komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data
dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk
processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA
Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
• Fungsi Mainboard
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang
pada komputer
2) Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang
berfungsi mengatur data komponen komputer lain
3) Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.
2) Processor
• Fungsi
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi
untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
• Cara kerja
Kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya,
terutama hardisk dan RAM. Dimana setiap data akan melalui processor
mengeluarkan atau output yang sesuai. Processor hanya dapat mengenali bahasa
mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0
dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di
mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan
satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
3)
Memory
Terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
a. ROM
(Read-Only-Memory a.k.a firmware)
Memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada
awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor
komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS
(Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang
akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
b. RAM
(Random-Access Memory)
Memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat
volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil
data dengan sangat cepat.
c. Memori
Ekternal
Memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh:
Hardisk, Floppy Disk, Optical Disk dll.
5.
Interkoneksi Antar Komponen
Disebut juga galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus ini terdiri
dari 3 macam yaitu :
a. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya
terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat
tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah
saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data
bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional,
misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke
memory atau port.
b.
Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer
data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau
dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel.
Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh
bila
CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576
alamat (1 MB).
c.
Control Bus
Digunakan untuk mengontrol penggunaan, serta akses ke Data Bus dan Address Bus.
Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal
pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik
itu memory atau I/O port.
ALIRAN
DATA DALAM SEBUAH KOMPUTER
PENGERTIAN ALIRAN DATA KOMPUTER
Menurut Wijaya
(2007) Data Flow Diagram (DFD) adalah gambaran grafis yang memperlihatkan
aliran data dari sumbernya dalam obyek kemudian melewati suatu proses yang
mentransformasikan ke tujuan yang lain, yang ada pada objek lain.
Dengan demikian data flow diagram adalah alat yang digunakan untuk
menggambarkan aliran data melalui sistem dan kerja atau pengolahan yang
dilakukan oleh sistem tersebut.
Simbol-sombol yang digunakan di DFD mewakili maksud tertentu, yaitu:
a. External Entity (kesatuan Luar) atau Boundary (batas sistem)
Setiap sistem pasti memiliki batas sistem (boundary) yang memisahkan
suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar (external entity)
merupakan kesatuan di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang,
organisasi atau sistem lainya yang berada di lingkungan luarnya yang memberikan
input atau menerima output dari sistem
b. Data flow
(arus data)
Arus data di DFD diberi simbol panah. Arus data ini mengalir diantara proses,
simpanan, dan kesatuan luar.
c. Process (proses)
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau
komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan
arus data yang akan keluar dari proses.
d. Data store (simpanan data)
Simpanan data (data store) merupakan simpanan dari data yang dapat berupa suatu
file atau database di komputer, suatu arsip atau catatan manual dan lain
sebagainya.
BILANGAN
BINER
Bilangan biner adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 dengan
kata lain bilangan biner hanya mempunyai dua digit saja yaitu 0 dan 1
manfaat
bilangan biner dalam dunia digital
Bilangan biner digunakan dalam rangkaian digital
untuk menyatakan kondisi hidup dan mati.
CONTOH
Jika bilangan biner dikonversi menjadi desimal maka
hasilnya akan menjadi sebagai berikut
0000 = 01. Input Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer contohnya :
• Fungsi :
Keyboard mengadopsi port PS / 2, menggunakan port USB. keyboard nirkabel.
• Fungsi :
Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.
• Macam – macam :
1) Mouse Mekanik yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut
2) Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse
3) Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.
• Fungsi :
Scanner adalah suatu alat yang bekerja dengan memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer.
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
• Macam teknologi monitor
1) CRT (Cathode Rays Tube)
2) LCD (Liquid Crystal Display)
3) LED (Light Emitting Diode)
Pada intinya 3 jenis monitor ini mempunyai perbedaan pada bentuk fisik, pancaran cahaya, dan kekuatan resolusi, serta daya listrik yang dibutuhkan.
• Fungsi :
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas.
• Jenis-jenis printer
1) Printer Daisy Wheel
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.
2) Printer Dot Matrix
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
3) Printer Inkjet
Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
4) Printer Laser jet
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.
5) Printer Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
6) Printer Line
Printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.
7) Printer Digital
Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.
Berfungsi untuk output suara.
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu :
a. Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data.
b. Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.
1) Mainboard
• Pengertian Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
• Fungsi Mainboard
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
2) Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
3) Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.
2) Processor
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Dimana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sesuai. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
Terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
Memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
Memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
Memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk, Optical Disk dll.
Disebut juga galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus ini terdiri dari 3 macam yaitu :
Adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila
CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).
Digunakan untuk mengontrol penggunaan, serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.
Dengan demikian data flow diagram adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan aliran data melalui sistem dan kerja atau pengolahan yang dilakukan oleh sistem tersebut.
Simbol-sombol yang digunakan di DFD mewakili maksud tertentu, yaitu:
a. External Entity (kesatuan Luar) atau Boundary (batas sistem)
Setiap sistem pasti memiliki batas sistem (boundary) yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar (external entity) merupakan kesatuan di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainya yang berada di lingkungan luarnya yang memberikan input atau menerima output dari sistem
Arus data di DFD diberi simbol panah. Arus data ini mengalir diantara proses, simpanan, dan kesatuan luar.
c. Process (proses)
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.
d. Data store (simpanan data)
Simpanan data (data store) merupakan simpanan dari data yang dapat berupa suatu file atau database di komputer, suatu arsip atau catatan manual dan lain sebagainya.
Bilangan biner adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 dengan kata lain bilangan biner hanya mempunyai dua digit saja yaitu 0 dan 1
0001 = 1
0010 = 2
0011 = 3
0100 = 4
0101 = 5
0110 = 6
0111 = 7
1000 = 8
1001 = 9
1010 = 10
1011 = 11
1100 = 12
1101 = 13
1110 = 14
dan
seterusnya
Digit 0 dan 1 inilah yang diproses oleh semua
perangkat digital. Bilangan biner digunakan dalam sistem komputer karena
komputer pada dasarnya hanya mengenal 2 keadaan yaitu hidup dan mati atau high
dan low
Ukuran
Data Komputer
Ukuran data komputer dikelompokkan ke dalam beberapa
satuan, diantaranya sebagai berikut:
1. Bit (Digit Biner)
Bit hanyalah terdiri dari serangkaian angka 1
atau 0. Sebuah nilai True atau False. Bit adalah unit data
pada komputer yang paling dasar, seperti titik dan garis dalam kode Morse
untuk sebuah komputer. Bit juga disebut sebagai bahasa mesin.
Data apapun yang disimpan pada komputer atau dikirimkan oleh komputer terdiri
dari bit. Sebuah program (software) yang ditulis dalam bahasa pemrograman
tingkat tinggi (bahasa pemrograman yang dapat dibaca manusia) seperti PHP atau
C++ dikonversi ke bahasa mesin (bit) sebelum komputer dapat menjalankannya.
Bit dapat mewakili apapun yang kita inginkan, mungkin “Yes” atau “No”, tapi bit
hanya memiliki dua nilai (1 dan 0). Jadi, untuk mewakili sesuatau/hal yang
banyak, kita selalu mengelompokkan bit ke dalam potongan yang lebih besar.
Banyaknya bit menentukan suatu jumlah maksimum kombinasi unik dari bit.
Misalnya 8 bit memiliki 256 (28) kemungkinan kombinasi yang unik.
Masing-masing kombinasi dapat memiliki arti tersendiri yang kita sepakati.
Pada analogi kode morse, misalkan kita memutuskan bahwa setiap huruf adalah
kombinasi dari lima titik dan garis. Yang akan memberikan penerapan pada 32 (25)
nilai-nilai kode unik. Itu sudah cukup untuk mewakili 26 huruf abjad dan 6
lebihnya, mungkin untuk tanda baca. (Ini hanyalah sebuah contoh, Kode Morse
sebenarnya tidak bekerja seperti itu).
2. Byte
Byte adalah unit dasar dari ukuran penyimpanan
informasi atau transmisi yang terdiri dari 8 bit. Byte dapat digunakan untuk
mewakili huruf dan angka hingga 256. Misalnya, Byte yang berisi 8 bit
01000101 mewakili:
Huruf E di
set karakter ASCII, atauData apapun yang disimpan pada komputer atau dikirimkan oleh komputer terdiri dari bit. Sebuah program (software) yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (bahasa pemrograman yang dapat dibaca manusia) seperti PHP atau C++ dikonversi ke bahasa mesin (bit) sebelum komputer dapat menjalankannya.
Bit dapat mewakili apapun yang kita inginkan, mungkin “Yes” atau “No”, tapi bit hanya memiliki dua nilai (1 dan 0). Jadi, untuk mewakili sesuatau/hal yang banyak, kita selalu mengelompokkan bit ke dalam potongan yang lebih besar. Banyaknya bit menentukan suatu jumlah maksimum kombinasi unik dari bit. Misalnya 8 bit memiliki 256 (28) kemungkinan kombinasi yang unik. Masing-masing kombinasi dapat memiliki arti tersendiri yang kita sepakati.
Pada analogi kode morse, misalkan kita memutuskan bahwa setiap huruf adalah kombinasi dari lima titik dan garis. Yang akan memberikan penerapan pada 32 (25) nilai-nilai kode unik. Itu sudah cukup untuk mewakili 26 huruf abjad dan 6 lebihnya, mungkin untuk tanda baca. (Ini hanyalah sebuah contoh, Kode Morse sebenarnya tidak bekerja seperti itu).
Jumlah 69, karena 26 + 22 + 20 = 69.
Ada
banyak hal dimana pola yang sama dari bit dapat mewakili, selama kita semua
sepakat tentang representasi atau aturan untuk memahaminya, seperti bagian satu
pixel dalam sebuah gambar. Biasanya ada tiga bagian untuk pixel, satu byte
untuk merah, satu byte kedua untuk hijau dan satu byte ketiga untuk biru.
Semuanya 24 bit, sehingga kita dapat mewakili total 224 atau (sekitar) 16 juta
warna.
Twitter memungkinkan pesan hingga 140 karakter (Byte), sementara SMS (Short
Message Service) memungkinkan hingga 160 Byte. Kebanyakan teks email hanya
dapat diukur dalam Byte,
misalnya, email yang relatif kecil.
3. KB (KiloByte)
Kb (KiloByte) adalah unit data yang sama dengan 1024
byte, atau 210. Namun jangan disamakan dengan kilo angka desimal
yang berarti 1000 atau 103. Adapun perbedaannya adalah istilah
“kilobyte” diciptakan oleh para ilmuwan komputer. Kemampuan 2 tidak cocok
dengan 1000, Oleh karena itu menggunakan sistem desimal dalam komputasi biner
akan boros.
4. MB (MegaByte)
MB (MegaByte) adalah unit data yang sama dengan 1.048.576
byte, atau 220. Mb sama dengan dengan kilobyte kuadrat, 10242.
Kebanyakan kamera digital membuat gambar yang berada di kisaran MB. Kamera 8 MP
(megapiksel) memiliki 8 juta sensor, masing-masing mewakili pixel atau elemen
gambar. Setiap pixel menggunakan beberapa nomor bit untuk mewakili beragam
warna.
Sebuah Kamera “true color” memiliki 24 bit (3B) per pixel. Dengan asumsi tidak
ada kompresi, masing-masing gambar akan berukuran 24 MB (dalam prakteknya,
biasanya kita melakukan kompres gambar sehingga ukuran gambar menjadi antara 2
dan 8 MB).
5. GB (GigaByte)
GB (GigaByte) adalah unit data yang sama dengan
1.073.741.824 byte, atau 230. GB sama dengan kilobyte pangkat tiga,
10243.
Karena perbedaan antara metrik komputer dan metrik desimal, perangkat penyimpanan
biasanya diiklankan dengan gigabyte yang disajikan dalam 1 miliar byte bukannya
1.07 miliar byte, sehingga mengecilkan kapasitasnya yang sebenarnya. Hal ini
menjelaskan mengapa ada ketidaksesuaian ketika membandingkan ukuran sebenarnya
dari hard drive dengan ukuran yang disampaikan.
6. TB (terabyte)
TB (TeraByte) adalah unit data yang sama dengan
1.099.511.627.776 byte, atau 240. TB sama dengan kilobyte
pangkat empat, 10244, berada di kisaran satu triliun byte atau 1024
gigabyte. Perangkat penyimpanan konsumen biasanya diukur dalam terabyte.
7. PB (Petabyte)
PB (Petabyte) adalah unit data yang sama dengan
1.125.899.906.842.624 byte, atau 250. PB sama dengan kilobyte lima,
10245, atau kira-kira satu kuadriliun byte.
Data Center besar, seperti yang dioperasikan oleh Google, dapat menangani data
dengan ukuran PB setiap hari. Microsoft store pada 900 server menangani total
data sekitar 14 PB.
TABEL UKURAN DATA KOMPUTER
Untuk memahami lebih jelas tentang perbandingan
ukuran data, silahkan lihat tabel dibawah:
Nama
Sama
dengan
Ukuran
dalam Byte
1
Bit
1 Bit
1/8
2
Byte
8 Bit
1
3
Kilobyte
1024 Byte
1024
4
Megabyte
1024 Kilobyte
1.048.576
5
Gigabyte
1024 Megabyte
1.073.741.824
6
Terrabyte
1024 Gigabyte
1.099.511.627.776
7
Petabyte
1024 Terrabyte
1.125.899.906.842.624
8
Exabyte
1024 Petabyte
1.152.921.504.606.846.976
9
Zettabyte
1024 Exabyte
1.180.591.620.717.411.303.424
10
Yottabyte
1024 Zettabyte
1.208.925.819.614. 629.174.706.176
Kecepatan
Data Komputer
Kecepatan transfer data dapat diukur dalam bit per
second (bit per detik), atau
dalam byte per second (byte per detik).
Satu byte sama dengan 8 bit. Para engineer
jaringan menggambarkan kecepatan
jaringan dalam bit per second, sedangkan web
browser biasanya mengukur
kecepatan download file dalam byte per second. Huruf
keci “b”
biasanya berarti bit, sedangkan huruf besasr “B” mewakili byte. Dalam
jaringan, metrik prefiks (misalnya kilo, mega, dan giga) mengacu pada
desimal
nya, bukan biner.
1. bps (Bit per Second)
bps adalah cara utama dalam menggambarkan kecepatan
transfer data komputer
beberapa dekade yang lalu.
2. Kbps (Kilobit per second)
kbps, atau 1000 bit per second. Kualitas file audio
terkompresi (misalnya MP3)
biasanya diukur dalam Kbps.
3. Mbps (Megabit per second)
Mbps, atau 1.000.000 bit per second. ISP (Internet
Service Provider) biasanya
mengukur koneksi internet-nya dalam mbps.
4. Gbps (Gigabit per second)
Gbps, atau 1.000.000.000 bit per second. LAN (Local
Area Network) modern,
infrastruktur Internet, dan koneksi internet konsumen di
beberapa negara dapat
beroperasi
pada kecepatan ini.
Twitter memungkinkan pesan hingga 140 karakter (Byte), sementara SMS (Short Message Service) memungkinkan hingga 160 Byte. Kebanyakan teks email hanya dapat diukur dalam Byte, misalnya, email yang relatif kecil.
Kebanyakan kamera digital membuat gambar yang berada di kisaran MB. Kamera 8 MP (megapiksel) memiliki 8 juta sensor, masing-masing mewakili pixel atau elemen gambar. Setiap pixel menggunakan beberapa nomor bit untuk mewakili beragam warna.
Sebuah Kamera “true color” memiliki 24 bit (3B) per pixel. Dengan asumsi tidak ada kompresi, masing-masing gambar akan berukuran 24 MB (dalam prakteknya, biasanya kita melakukan kompres gambar sehingga ukuran gambar menjadi antara 2 dan 8 MB).
Karena perbedaan antara metrik komputer dan metrik desimal, perangkat penyimpanan biasanya diiklankan dengan gigabyte yang disajikan dalam 1 miliar byte bukannya 1.07 miliar byte, sehingga mengecilkan kapasitasnya yang sebenarnya. Hal ini menjelaskan mengapa ada ketidaksesuaian ketika membandingkan ukuran sebenarnya dari hard drive dengan ukuran yang disampaikan.
Data Center besar, seperti yang dioperasikan oleh Google, dapat menangani data dengan ukuran PB setiap hari. Microsoft store pada 900 server menangani total data sekitar 14 PB.
Nama
Sama
dengan
Ukuran
dalam Byte
1
Bit
1 Bit
1/8
2
Byte
8 Bit
1
3
Kilobyte
1024 Byte
1024
4
Megabyte
1024 Kilobyte
1.048.576
5
Gigabyte
1024 Megabyte
1.073.741.824
6
Terrabyte
1024 Gigabyte
1.099.511.627.776
7
Petabyte
1024 Terrabyte
1.125.899.906.842.624
8
Exabyte
1024 Petabyte
1.152.921.504.606.846.976
9
Zettabyte
1024 Exabyte
1.180.591.620.717.411.303.424
10
Yottabyte
1024 Zettabyte
1.208.925.819.614. 629.174.706.176
Tidak ada komentar:
Posting Komentar